Google Uji Coba User Choice Billing untuk Pembayaran Aplikasi

Google baru saja meluncurkan proyek pilot baru dimana para pengembang aplikasi Android dapat menerima pembayaran dengan sistem billing mereka masing-masing. Program bernama User Choice Billing ini memungkinkan para konsumen dari aplikasi tersebut untuk memilih untuk membayar layanan menggunakan Google Play ataupun sistem billing yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Spotify menjadi partner pertama yang menggunakan sistem User Choice Billing ini.


Gambar dari 9to5google.com.



Sistem billing yang dapat diikutsertakan dalam program User Choice Billing harus sesuai dengan standar keamanan informasi PCI-DSS. Selain itu, sistem tersebut juga wajib memberikan layanan pelanggan dan harus memberitahukan Google jika ada ubahan dalam aplikasi mereka. Sama seperti Google Play, User Choice Billing ini juga membebankan biaya layanan untuk pengembang aplikasi.


Program ini akan diuji coba di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sebelumnya, Apple dan Google dituduh telah melakukan praktik anti kompetitif perihal pungutan biaya layanan aplikasi. Tuduhan tersebut membuat pemerintah Korea Selatan menerbitkan peraturan baru, dimana Apple dan Google wajib untuk menawarkan sistem pembayaran alternatif selain yang dimiliki oleh keduanya.

Comments

Popular posts from this blog

ASUS Luncurkan VivoBook Pro 14X OLED

Review ASUS ChromeBook Flip CM5500FD: Nyamannya Pakai Chrome OS

Pengalaman Mengganti Screen Guard di Pusat Perbaikan vivo